Langsung ke konten utama

Ayo Donor Darah!!!

Setetes darah darimu, selamatkan sekelilingmu
Organ tubuh manusia merupakan komponen puncak dari komponen-komponen lainnya. Sehingga, organ tubuh manusia memegang peranan yang lebih kompleks dan vital dibandingkan dengan  komponen tubuh yang lain. Paru- paru misalnya, paru- paru merupakan organ utama dalam sistem pernafasan manusia yang berfungsi menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Istilah medis yang berkaitan dengan darah diawali dari  kata hemo atau hemato. Kata ini berasal dari bahasa Yunani haima yaitu darah. Secara umum darah adalah cairan yang terdapat pada semua makhluk hidup kecuali tumbuhan  tingkat tinggi yang berfungsi mengirimkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh,mengangkut bahan-bahan kimia hasil metabolisme, dan juga sebagai pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri. Darah pada tubuh manusia mengandung 55% plasma darah (cairan darah) dan 45% sel-sel darah (darah padat). Jumlah darah yang ada pada tubuh kita yaitu sekitar 4 sampai 5 liter. Menurut Wikipedia, donor darah adalah suatu kegiatan pemberian atau sumbangan darah yang dilakukan oleh seseorang secara sengaja dan sukarela kepada siapa saja yang membutuhkan transfusi darah.
Mendonorkan darah mungkin merupakan hal yang berat bagi sebagian besar orang. Banyak orang yang sebetulnya memenuhi syarat berdonor tetapi kurang memiliki keberanian atau mungkin malas untuk berdonor. Namun, ada sebagian orang yang memiliki niat kuat untuk berdonor terhambat karena tidak memenuhi syarat sebagai pendonor.Berikut syarat- syarat seseorang yang diperbolehkan melakukan donor darah : a) berusia 17-60 tahun); b) berat badan minimal 45 kg; c) temperatur tubuh antara 36,6 – 37,5 derajat celcius; d) tekanan darah baik, yaitu sistole = 110 – 160 mmHg, diastole = 70 – 100 mmHg; e) denyut nadi teratur yaitu sekitar 50 – 100 kali/ menit; f) hemoglobin baik pria maupun wanita minimal harus 12,5 gram; g) jumlah penyumbangan per tahun paling banyak 5 kali dengan jarak penyumbangan sekurang-kurangnya 3 bulan.
Apabila masyarakat Indonesia ingin mendonorkan darahnya, tempat yang bisa dituju antara lain PMI (Palang Merah Indonesia) , gerai Unit Donor Darah yang tersebar di beberapa tempat, atau bisa juga hadir pada acara-acara donor darah massal yang diselenggarakan oleh instansi-instansi tertentu di bawah lisensi PMI.
Berkaitan dengan donor darah, banyak orang yang bertanya-tanya; apa sebenarnya keuntungan dari donor darah? Hal ini mungkin menjadi sebab inti seseorang ragu untuk berdonor. Sebenarnya manfaat donor darah itu besar sekali. Manfaat donor darah tersebut diantaranya adalah:
1.       Mengurangi risiko penyakit jantung
2.      Meningkatkan produksi sel darah merah. Dengan melakukan donor darah, sel darah merah di tubuh pendonor akan dikeluarkan.
3.      Membakar kalori dalam tubuh.
Sebenarnya tidaklah merugi orang – orang yang berdonor darah. Disamping mereka mendapatkan manfaat bagi kesehatan mereka, mereka juga akan mendapatkan balas jasa dari Sang Maha Kuasa karena telah menolong sesamanya. Setidaknya dengan berdonor, kita sudah ikut menyumbangkaan sedikit darah yang kelak menjadi simpanan bagi kita ketika kita membutuhkannya. Oleh karena itu, melalui uraian tersebut diharapkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah meningkat. Karena setetes darah adalah seteguk kehidupan. Seteguk air mungkin tidak akan menghilangkan dahaga, tetapi seteguk kehidupan adalah anugerah luar biasa yang diberikan Tuhan kepada hamba-Nya.

Sehari menapaki jejak sosial kemanusiaan di bumi lawet
Pengalaman ini adalah salah satu pengalaman berharga dalam hidup kami.
Pengalaman ini memberikan kami banyak manfaat.
Pengalaman ini adalah pengalaman kami mengenai kegiatan donor darah.
Dalam kegiatan ini, banyak sekali ilmu yang dapat kami pelajari.
Salah satu tujuan diadakannya kegiatan donor darah ini adalah untuk membantu saudara-saudara kita diluar sana yang membutuhkan darah tersebut.
Kegiatan ini berlangsung pada hari kamis tepatnya tanggal 08 Mei 2014.
Atas kerjasama yang telah dilakukan dengan PMI Kabupaten Kebumen, akhirnya PMR WIRA SMK N 1 GOMBONG mengadakan kegiatan donor darah.
Kegiatan donor darah tersebut berlangsung sejak pukul 08.00 sampai selesai, yaitu tepatnya pukul 13.00.
Kegiatan donor darah tersebut dilakukan oleh seluruh warga SMK N 1 GOMBONG yang sudah memenuhi syarat untuk melakukan donor darah  dan yang bersedia untuk menyumbangkan darahnya.
Dan hasil kegiatan dari donor darah tersebut pun tidak sia-sia, buktinya 50 buah kantong darah berhasil didapatkan.
Keantusiasan seluruh warga SMK N 1 GOMBONG membuat semakin suksesnya kegiatan donor darah tersebut. Kami merasa terharu melihat keantusiasan mereka, melihat betapa besar rasa kekeluargaan mereka. Dengan adanya kegiatan donor darah tersebut, kami berharap bahwa “darah yang telah diberikan, dapat membantu menyelamatkan saudara-saudara kita diluar sana yang membutuhkan darah kita tersebut..”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembalutan Dan Pembidaian

 PEMBALUTAN Pengertian Membalut adalah tindakan untuk menyangga atau menahan bagian tubuh agar tidak bergeser atau berubah dari posisi yang dikehendaki. Tujuan : • menghindari bagian tubuh agar tidak bergeser pada tempatnya • mencegah terjadinya pembengkakan • menyokong bagian tubuh yang cedera dan mencegah agar bagian itu tidak bergeser • mencegah terjadinya kontaminasi Alat dan bahan • mitella adalah pembalut berbentuk segitiga • dasi adalah mitella yang berlipat-lipat sehingga berbentuk seperti dasi • pita adalat pembalut gulung • plester adalah pembalut berperekat • pembalut yang spesifik • kassa steril Prosedur pembalutan 1. perhatikan tempat atau letak yang akan dibalut dengan menjawab pertanyaan ini: a. bagian dari tubuh yang mana? b. Apakah ada luka terbuka atau tidak? c. Bagaimnan luas luka tersebut? d. Apakah perlu membatasi gerak bagian tubuh tertentu atau tidak? 2. pilih jenis pembalut yang akan dipergunakan dapat salah satu atau kombinasi 3. s

Kedaruratan Medis

Seseorang yang mengalami kasus medis atau dikenal dengan kedaruratan medis mungkin jug adapt mengalami cedera sebagai akibat dari gejala gangguan fungsi tubuh, misalnya kehilangan kesadaran lalu terjatuh sehingga terjadi suatu luka. Penyebabnya antara lain infeksi, racun, atau kegagalan satu atau lebih system tubuh. Penangan penderita yang paling penting adalah menjaga jalan napas dan memantau tanda vital penderita saat teratur lalu segera merujuk penderita kefasilitas kesehatan Gejala dan Tanda pada Kedaruratan Medis Gejala dan tanda pada kedaruratan medis sangat beragam, khas maupun tidak khas antara lain : >Gejala : Demam Nyeri Mual, muntah Buang air kecil berlebihan atau tidak sama sekali Pusing, perasaan mau pingsan, merasa akan kiamat Sesak atau merasa sukar bernapas Rasa haus atau rasa lapar berlebihan, rasa aneh pada mulut >Tanda : Perubahan status mental ( tidak sadar dan bingung ) nada cepat atau sangat lambat, tidak teratur, lemah atau sangat kuat pernapas

Triage

Berasal dari bahasa Prancis yang artinya pemilihan atau penyortiran. Dalam dunia medis digunakan sebagai tindakan pemilihan korban berdasarkan prioritas pertolongannya/transportasi. Prinsip dasar TRIAGE adalah menolong para penderita yang mengalami cidera atau keadaan yang berat namun memiliki harapan hidup. Salah satu metode paling sederhana dan umum digunakan adalah metode S.T.A.R.T ( Simple Triage And Rapid Treatment ). Metode ini membagi penderita 4 kategori : 1. Prioritas 1 – Merah                 Merupakan priorits utama, diberikan kepada penderita yang kritis keadaannya seperti gangguan pernapasan, pendarahan berat/tidak terkontrol, dan penurunan status mental. 2. Prioritas 2 – Kuning                 Merupakan prioritas berikutnya diberikan kepada penderita yang mengalami keadaan seperti luka bakar tanpa gangguan saluran napas/kerusakan alat gerak, patah tulang tertutup yang tidak dapat berjalan, dan cidera punggung. 3. Prioritas 3 – Hijau                 Merupakan
Chat With Us
Flag Counter